Brussels (ANTARA News/AFP) - Pengawas-pengawas lalu lintas udara Eropa, Selasa pagi mengatakan 252 penerbangan dibatalkan saat abu vulkanik menyelimuti Skotlandia dan Irlandia Utara.

"Sebagian besar maskapai penerbangan telah membatalkan penerbangan-penerbangan hari ini-- 252 penerbangan," kata Brian Flynn, kepala operasi di Eurocontrol yang berpusat di Brussels via jejaring sosial Twitter. "Bagian-bagian yang diselimuti abu mencakup Skotlandia dan Iralandia Utara hari ini."

Letusan gunung api Grimsvoetn di Irlandia Utara memaksa Presiden Amerika Serikat Barack Obama sebelumnya mengalihkan rencana perjalanan untuk satu kunjungan kenegaraan ke Inggris dan mengancam persiapan-persiapan kesebelasan Barcelona bagi pertandingan final Liga Champions d Stadion Wembely, London, Sabtu.

Flynn memperingatkan bahwa kabut abu "kemungkinan akan terus bergerak ke arah selatan ke Prancis dan Spanyol tetapi sulit mengataka sekarang karena prakiraan cuaca tidak tepat bagi akhir pekan."

Ia mengatakan bahwa pada akhir hari ini, abu "akan menyelimuti bagian selatan Skandinavia, Denmark dan kemungkinan bagian-bagian utara Jerman." Ini menimbulkan prospek terganggunya perjalanan penting di seluruh Eropa akibat letusan vulkanik Eslandia untuk kedua kalinya dalam kurang setahun.

Tahun lalu,abu itu mendarat di Skotlandia sebelum menyebar dengan cepat ke Inggris dan Irlandia, kemudian menghantam sebagian besar Eropa.

Penutupan sebagian besar wilayah udara di era pasca perang menyebabkan banyak perusahaan penerbangan sangat tidak gembira atas terhentinya penerbangan-penerbangan.

Konfrontasi baru terjadi antara pihak berwenang penerbangan dan maskapai penerbangan, yang menghadapi pengeluaran besar dan kehilangan pendapatan dengan pembatalan dan hak-hak penumpang.