Roma (ANTARA News/AFP) - Italia meningkatkan pengamanan di kedutaan besar Amerika Serikat dan Pakistan serta lokasi di sekitar Vatikan di tengah-tengah kekhawatiran munculnya serangan balas dendam menyusul kematian Osama bin Laden, menurut kantor berita Ansa.

Kematian pemimpin Al Qaida di tangan operasi Amerika Serikat itu "dapat memancing aksi balas dendam," demikian dokumen Departemen Pertahanan, seraya meminta peningkatkan kewaspadaan di sekitar lokasi-lokasi keagamaan, termasuk Vatikan, "hingga ke tingkat maksimal", menurut Ansa.

"Aktivitas pencegahan secara umum, seperti peningkatan pengamanan dan kewaspadaan, ditingkatkan ke tahap tertinggi, dengan perhatian dikhususkan untuk target-target yang dinilai sensitif," menurut dokumen tersebut.

Target-target itu antara lain sejumlah kedutaan besar, terutama Amerika Serikat dan Pakistan, organisasi internasional, situs keagamaan, stasiun kereta api dan bandara.

Italia adalah lokasi dari ribuan tempat sensitif dan militer ditempatkan di sejumlah lokasi itu, seperti antara lain Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO).

Polisi juga meningkatkan kewaspadaan di pangkalan militer Italia, termasuk Amerika Serikat dan NATO.