Kabul (ANTARA News) - Pembunuhan pemimpin Al Qaida Osama bin Laden oleh pasukan Amerika Serikat akan memberi "dorongan baru" pada perjuangan melawan "penyerbu" asing di Afghanistan, kata Taliban dalam pernyataan yang dikeluarkan Jumat.

"Keemiran Islam yakin kematian Sheikh Osama bin Laden akan memberi dorongan baru pada jihad (perang suci) sekarang ini terhadap penyerbu pada tahap kritis jihad ini," demikian isi email yang dikeluarkan oleh juru bicara Tariq Ghazniwal itu.

Komentar itu merupakan reaksi nyata pertama Taliban di Afghanistan mengenai pembunuhan bin Laden pekan ini di Pakistan.

Mereka sebelumnya hanya mengatakan "terlalu dini" untuk mengomentari mengenai kematian itu dalam satu pernyataan Selasa yang menyampaikan keraguan apakah pembunuhan itu telah benar-benar terjadi.

Tapi dalam pernyataan terakhir itu, Taliban memperingatkan bahwa AS dan negara lain Barat dengan tentara di Afghanistan yang "begelimpangan dengan optimisme" yang ditimbulkan oleh kematian Osama bin Laden.

"Tunas jihad selalu tumbuh, menjadi tinggi dan mencapai fruktifikasi melalui irigasi dengan darah murni," tambahnya.

"Kematian seorang martir akan menghasilkan ratusan lagi yang akan menuju medan kesyahidan dan pengorbanan."

Sekarang ini ada sekitar 130.000 tentara internasional di Afghanistan, sekitar dua pertiga dari mereka dari AS, yang memerangi gerilyawan termasuk Taliban. Tentara tempur asing akan ditarik dari Afghanistan pada 2014.

Komentar Taliban itu dikeluarkan ketika Al Qaida memastikan kematian Osama bin Laden tapi memperingatkan bahwa mereka yang kegirangan dengan kamatiannya akan menghadapi "darah bercampur air mata" mereka dan berjanji gerakan itu akan bertahan.

AS menyatakan mereka telah bersiap-siaga menghadapi ancaman keamanan segera setelah pembunuhan di Abbottabad itu oleh pasukan AS.

Presiden Barack Obama telah mengatakan bahwa kematian Osama bin Laden membuktikan Amerika tak akan pernah gagal untuk menjatuhkan hukuman yang setimpal pada teroris, mengatakan "ketika kami mengatakan kami tak akan pernah lupa, kami maksudkan apa yang kami katakan.

Pada Jumat, Obama mengadakan pertemuan pribadi dengan anggota-anggota tim pasukan elit khusus yang melakukan serangan dengan helikopter di kompleks berbenteng tempat bin Laden bersembunyi.