Johannesburg (ANTARA News/AFP) - Mantan Presiden Afrika Selatan yang sedang sakit, Nelson Mandela, mendadak terbang pulang kampung ke tempat kelahirannya, dan menjadi kunjungan pertamanya ke luar Johannesburg sejak meninggalkan rumah sakit pada Januari 2011, kata staf kepresidenan, Senin.

"Mantan Presiden Nelson Mandela menghabiskan waktu untuk beristirahat di rumahnya di Qunu di Eastern Cape," demikian keterangan pihak kepresidenan Afrika Selatan.

Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma, juga menyatakan, "Kami sangat senang bahwa ia sekarang cukup sehat untuk bepergian."

Media setempat melaporkan bahwa mantan presiden yang telah berusia 92 tahun dan tengah menjalani perawatan kesehatan di rumah sudah sejak lama ingin pulang kampung.

Sebelum kedatangannya, lima pesawat, termasuk helikopter medis militer terlihat di bandara pedesaan Mthatha.

Mandela tiba di desanya menggunakan pesawat Boeing didampingi istrinya, Gracia Machia, demikian laporan media lokal.

Negarawan senior itu dipindahkan ke kursi roda khusus saat menuju ambulans yang telah menunggu, catat harian The Times.

Mereka yang melihat Mandela mengatakan bahwa penerima Nobel perdamaian itu tampak bahagia, dan mengobrol sejumlah anak-anak, serta bertanya tentang kemajuan sekolah mereka.

Satu pesawat medis terbang mengiringi iring-iringan 12 mobil yang membawa Mandela ke rumahnya, dan disambut oleh cucunya, Mandla Mandela, dan anggota senior dari marganya.

Hal itu adalah pertama kalinya Nelson Mandela meninggalkan rumahnya di Johannesburg sejak keluar dari rumah sakit, setelah menerima pengobatan untuk infeksi pernafasan akut selama dua hari.

Presiden Zuma tidak memberikan alasan mengenai perjalanan tak terduga itu, dan menyebutnya sebagai "jadwal kunjungan normal."

"Kami mengucapkan terima kasih kepada publik dan media karena memberikan dia privasi dalam tiga bulan terakhir, dan kami mendesak mereka untuk terus melakukannya," katanya.

Pekan lalu, Mandela memberikan suara untuk pemilihan pemerintah setempat dari rumahnya. Zuma, setelah mengunjungi Mandela, mengatakan bahwa seniornya itu tampaknya berada dalam "keadaan sehat".

Mandela terpilih sebagai presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan dalam suatu pemilihan umum presiden pertama di negara itu yang diikuti oleh seluruh ras pada tahun 1994, dan menjabat satu periode sebelum mundur pada tahun 1999.