Denpasar (ANTARA News) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan bahwa Presiden Amerika Serikat Barack Obama dijadwalkan akan hadir dalam East Asia Summit Plus 2011 yang akan digelar di Nusa Dua, Bali.

"Presiden Amerika Serikat Obama berjanji akan hadir dalam pertemuan kepala-kepala negara Asia Timur Plus tersebut yang akan digelar bulan Nopember 2011," kata Mangku Pastika di Denpasar, Kamis.

Ia mengatakan, selain dijadwalkan menghadiri pertemuan tersebut, kedatangan Obama ke Bali ingin menikmati keindahan alam dan seni budaya Pulau Dewata.

Menurut Mangku Pastika, kepastian kedatangan Obama tersebut disampaikan oleh Duta Besar dan Konsulat Jenderal Amerika Serikat saat bertemu dengan dirinya di Kantor Gubernur Bali pada Rabu (25/5).

Dikatakan, pertemuan ini akan dihadiri sekitar 20 hingga 30 pemimpin negara dari kawasan Asia Timur.

"East Asia Summit Plus karena Obama akan datang. Obama juga akan menikmati keindahan alam dan budaya Bali. Ya, mungkin sambil jalan-jalan," kata Mangku Pastika tersenyum.

Ia mengatakan, kedatangan Obama ke Bali akan didahului dengan hadirnya Menteri Luar Negeri Hillary Clinton, untuk menghadiri sebuah konferensi pada bulan Juli 2011.

Gubernur Mangku Pastika mengatakan, kedatangan Obama tersebut telah dipersiapkan dengan baik oleh Pemprov Bali terutama masalah keamanan.

"Sekalipun penanganan keamanan dilakukan oleh negara, namun pemprov sudah siap dengan prasarana yang ada di Bali termasuk sarana untuk Obama mulai dari Bandara Ngurah Rai hingga Nusa Dua," katanya.

Menurut Mangku Pastika, biasanya beberapa hari menjelang kedatangan Obama, pihak Amerika Serikat mendatangkan semua perlengkapan di Bandara Ngurah Rai untuk menyambut kedatangan Obama.

"Pemerintah Provinsi Bali juga telah memperbaiki semua jalan yang akan dilalui Presiden Obama," katanya.