FOKUS INTERNATIONAL KEMBALI HADIR UNTUK PARA PEMBACA SEKALIAN

jual beli liberty reserve, jual beli paypal

Rabu, 25 Mei 2011

Obama Telusuri Moyangnya di Irlandia

Presiden Barak Obama saat berpidato di Dublin
Jakarta (ANTARA News) - Desa kecil di satu pulau mungil mendadak tenar pada hari Senin (23/5), karena kunjungan  Presiden AS Barack Obama dan Ibu Negara Michelle Obama.
Pasangan itu tiba dengan helikopter dan kemudian berada di dalam rombongan berkendaraan antipeluru untuk mengunjungi Moneygall di Offaly Country, bagian tengah Irlandia.

Desa tersebut mulai berbenah diri sejak beberapa bulan lalu, ketika Obama pada bulan Maret mengumumkan bahwa ia akan berkunjung ke Irlandia pada Mei.
Pemilik pabrik cat menyumbangkan produk mereka untuk membantu warga kota kecil itu menyegarkan pemandangan  bangunan-bangunan di sepanjang jalan lintas utama.

Pasangan Kepala Negara dan Ibu Negara AS tersebut disambut oleh sebanyak 3.000 orang, demikian laporan wartawan kantor berita Xinhua, Yvonne Kennedy.

Di tengah terpaan angin keras dan guyuran hujan lebat, pasangan orang nomor satu di Amerika itu berjabat tangan, mengusap bayi, dan berpose untuk diambil gambar mereka sementara puluhan petugas keamanan rahasia menyaksikan.

Mereka bercakap-cakap dengan masyarakat setempat selama hampir setengah jam sebelum memasuki rumah yang kini berdiri di lokasi yang dulu menjadi tempat tinggal nenek-moyang Obama untuk menghindari guyuran hujan.

Sebelum tiba saatnya menjadi sorotan media internasional, Moneygall hanyalah desa kecil yang tak banyak dikenal di perbatasan Tipperary dan kabupaten Offaly, dengan hanya satu sekolah, lima toko dan dua kedai minum.

Selama kampanye presiden Obama 2008, ahli genealogi menemukan desa tersebut adalah tempat tinggal leluhur Obama, kakek dari kakeknya dari pihak ibu, seorang pembuat sepatu yang bernama Falmouth Keraney.

Kunjungan Obama ke desa nenek-moyangnya menjadi sorotan dari kunjungan singkat selama kurang dari 12 jam ke Irlandia.
Obama termasuk di antara beberapa presiden AS yang memiliki leluhur Irlandia, termasuk John F. Kennedy, Ronald Reagan, Bill Clinton dan keluarga Bush. Kunjungannya ke desa tersebut tampaknya akan membuat senang pendatang Irlandia di negerinya, dan membantu upayanya untuk terpilih lagi pada 2012.

Kendati dikenal sebagai presiden pertama Amerika Afrika, Obama tak dibesarkan oleh ayahnya, yang berasal dari Kenya. Kebanyakan hidupnya sangat dipengaruhi oleh neneknya dari pihak ibu, yang berakar dari Kaukasia, Madelyn Lee Payne Dunham dan Stanley Armour Dunham (cucu Kearney) --yang telah membesarkan di sejak ia berusia 10 tahun.

"Obama memperlihatkan perubahan konsep tentang memiliki asal-usul Irlandia," kata wartawan Mark Little. "Ia adalah diaspora baru. Orang bisa memiliki nama seperti Barack Hussein Obama dan tetap memiliki asal-usul Irlandia."

0 komentar:

Posting Komentar