London (ANTARA News/AFP) - Pangeran Willian dan istrinya Catherine akan bertemu dengan Presiden Barack Obama dan istrinya, Michelle Obama, di Istana Buckingham, Selasa, saat presiden Amerika Serikat itu melakukan kunjungan kenegaraan ke Inggris, menurut pihak Istana.

Saat mengumumkan hal itu juru bicara kerajaan menggunakan nama resmi pasangan kerajaan tersebut.

"Kami dapat mengkonfirmasi bahwa Presiden dan Nyonya Obama akan bertemu dengan Duke dan Duchess of Cambridge segera setelah kedatangan mereka di Istana Buckingham hari ini. "

William dan Catherine baru saja pulang dari bulan madu mereka di Seychelles, setelah pernikahan di Westminster Abbey pada 29 April lalu disaksikan oleh satu juta orang di jalan-jalan London dan dua miliar penonton televisi di seluruh dunia.

Obama tidak diundang dalam acara tersebut karena William bukan merupakan pewaris takhta - dia berada di urutan kedua setelah ayahnya, Pangeran Charles - dan pertemuan itu akan menjadi kesempatan pertama presiden AS untuk mengucapkan selamat kepada Pangeran William secara langsung.

Kedua pasangan itu akan bertemu di ruang mewah 1844 di Istana Buckingham selama 10 menit sebelum tengah hari, sebelum dilakukan upacara resmi untuk menyambut Obama di taman istana.

Obama dan istrinya berada di istana sebagai tamu Ratu Elizabeth II, nenek William, selama kunjungan kenegaraan tiga hari ke Inggris.

Lawatan itu dimulai sehari lebih awal saat Obama terbang pada Senin malam dari Dublin untuk menghindari awan abu vulkanik