Islamabad (ANTARA News/XINHUA-OANA) - Perdana Menteri Pakistan Syed Yusuf Raza Gilani membuat pernyataan kebijakan pada Senin mengenai operasi pasukan AS tugas khusus di kota garnisun Abbottabad barat laut, yang menyebabkan pembunuhan Osama bin Laden awal, menurut pernyataan yang dikeluarkan kantor PM pada Minggu .

Pemerintah berada di bawah kecaman keras oleh kelompok oposisi dan bagian dari masyarakat untuk memberitahu bangsa tentang operasi AS dan kehadiran orang yang paling dicari di Pakistan.

"Perdana Menteri akan membawa bangsa ini ke dalam kepercayaan melalui platform Parlemen pada 9 Senin Mei, dan berharap untuk satu perdebatan penuh pada masalah di lantai DPR," kata pernyataan itu.

Perdana Menteri pada Sabtu mengadakan konsultasi luas dengan Presiden, Menteri Pertahanan, Menteri Negara Luar Negeri dan Kepala Staf Angkatan Darat mengenai situasi yang timbul dari pengoperasian Abbottabad, yang mengakibatkan kematian Osama Bin Laden, katanya.

Ia menambahkan bahwa "situasi secara komprehensif ditinjau dalam perspektif keamanan nasional Pakistan dan kebijakan asing".

Perdana Menteri menekankan selama konsultasi, bahwa satu-satunya kriteria untuk merumuskan sikap kita adalah menjaga kepentingan tertinggi Pakistan nasional, dengan segala cara, oleh semua lembaga-lembaga negara, sesuai dengan aspirasi rakyat Pakistan, di atas nilai semua martabat dan kehormatan, kata pernyataan itu.