FOKUS INTERNATIONAL KEMBALI HADIR UNTUK PARA PEMBACA SEKALIAN

jual beli liberty reserve, jual beli paypal

Kamis, 30 Juni 2011

Komandan Haqqani Tewas di Afghanistan

Tentara Angkatan Bersenjata Nasional Afghanistan 
Kabul (ANTARA News/AFP) - Pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Afghanistan pada Kamis mengatakan, seorang komandan senior dalam jaringan Haqqani berkaitan dengan Al Qaida yang dicari atas serangan terhadap hotel mewah di Kabul pekan ini tewas dalam serangan udara.

Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) yang dipimpin NATO mengidentifikasi Ismail Jan, wakil senior komandan Haqqani di Afghanistan, dan mengatakan bahwa dia tewas dalam serangan di provinsi timur Paktiya, Rabu.

Sebelumnya, AFP dari Washington juga memberitakan mengutip surat kabar Washington Post bahwa sebuah pesawat tak berawak AS menembak dua komandan senior gerilyawan Shebab Islam Somalia setelah mereka ditemukan memiliki hubungan dengan Al-Qaida.

Serangan itu diyakini telah melukai dua pejuang terkemuka dan terjadi di tengah-tengah keprihatinan yang meningkat di antara para pejabat AS mengenai perkembangan hubungan antara Shebab dengan jaringan teror global, catat Washington Post mengutip para pejabat AS.

"Mereka telah menjadi agak berani pada akhir-akhir ini, dan sebagai hasilnya kita telah menjadi lebih fokus pada kegiatan menghambat mereka," katanya mengutip seorang pejabat.

Ia menimpali, "Mereka sedang merencanakan operasi di luar Somalia."

Pejabat itu dikutip Washington Post mengatakan, dua komandan senior tersebut memiliki "hubungan langsung" dengan Anwar al-Awlaqi, seorang pengkhotbah karismatik kelahiran Amerika yang diyakini bersembunyi di keluarganya yang penduduk asli Yaman.

Militer AS telah melakukan sejumlah serangan dalam beberapa tahun terakhir terhadap Al-Qaida, yang diyakini bersembunyi di Somalia, tapi pada pekan terakhir ini insiden itu tampaknya menjadi serangan pesawat tak berawak pertama, kata Washington Post.

Editor by Fatryani Auly

0 komentar:

Posting Komentar