FOKUS INTERNATIONAL KEMBALI HADIR UNTUK PARA PEMBACA SEKALIAN

jual beli liberty reserve, jual beli paypal

Sabtu, 24 Maret 2012

Kudeta Terjadi di Mali,Afrika

Bamako (Fokus/ANTARA News/AFP/Xinhua-OANA) - Baku-tembak berlangsung saat tentara pemberontak menyerang istana presiden Mali, Rabu (21/3), setelah mereka merebut kantor penyiaran negara sebagai protes atas cara pemerintah menangani pemberontakan di bagian utara negeri itu.

Seorang perwira berencana segera berpidato kepada rakyat negeri itu.

"Kami mendengar suara tembakan yang tak berhenti di sekitar istana," kata seorang saksi mata seperti dikutip AFP. "Api berkobar dari sebelah selatan istana presiden."

Pasukan elite "Baret Merah" telah mengambil posisi di sekeliling gedung pemerintah Rabu malam, tapi ditarik untuk mempertahankan istana presiden, tempat seorang penasehat Presiden Amadou Toumani Toure berlindung.

Akun resmi presiden di Twitter membantah  sedang berlangsung kudeta, dan menyatakan itu hanya pemberontakan "beberapa pembelot yang tak mau pergi ke garis depan".

Toure, yang juga mantan prajurit dan memimpin penggulingan presiden seumur hidup Moussa Traore pada 1991, menang dalam pemilihan umum 2007 dan akan meletakkan jabatan April ini setelah memerintah selama dua masa jabatan.

Kerusuhan baru juga melanda kota kecil Gao, 1.200 kilometer di sebelah timur-laut ibu kota Mali, Bamako, tempat suara baku-tembak terdengar, kata satu sumber militer.

"Selama beberapa menit, kami mendengar suara tembakan ke udara. Hampir terjadi kepanikan di kota, tempat warga bergegas ke tempat perlindungan di rumah mereka," kata sumber itu melalui telefon kepada Xinhua.


Editor : Jendri Frans Mamahit

0 komentar:

Posting Komentar