Monterrey, Meksiko (Fokus/ANTARA News/Reuters) - Meksiko menahan mantan penjaga gawang kesebelasan internasional Omar Ortiz karena dicurigai bekerja sama bagi satu geng penculik, yang memicu kecemasan atas pelanggaran hukum yang melanda negara itu.

Ortiz, 35 tahun mengaku membantu para penculik menangkap dua korban yang kaya, kata Jorge Domene, juru bicara keamanan pemerintah untuk negara bagian Nuevo Leon, Meksiko utara.

Geng itu, yang mengatakan mencari rata-rata satu juta peso (73.000 dolar AS) untuk satu korban, dari mana Ortiz menerima uang lebih dari 100.000 peso, kata pemerintah Nuevo Leon.

"Saya diam," kata George W.Gryson,seorang ahli Meksiko di Perguruan inggi William & Mary di Virginia, setelah berita-berita penahanan Ortiz. "Saya menduga itu adalah satu indikasi kemungkinan kejahatan yang teroganisasi ada di mana-mana."

Ortiz terlihat tenang ketika tentara menangkap dia dan tiga tersangka lainnya di ibu kota negara bagian Nuevo Leon, Monterrey, satu kota yang dilanda serangan yang meningkat oleh kejahatan yang terorganisasi.

Domene mengatakan geng itu dioperasikan para korban yang dipilih dalam satu pertemuan sosial, yang kemudian diculik dan dituntut untuk memberikan uang tebusan.

Jaksa agung Nuevo Leon Adrian de la Garcia mengatakan para tersangka penculik itu ditangkap 5 Januari dan menyatakan bahwa pemimpin geng itu, yang masih belum ditangkap mengemukakan kepada mereka bahwa mereka bekerja untuk Kartel Gulf.

Pemerintah konservatif Presiden Felipe Calderon mempertaruhkan reputasinya untuk menumpas geng-geng narkoba Meksiko, beberapa dari kelompok itu memiliki cabang luas dalam kegiatan-kegiatan seperti perampokan, pemerasan dan penculikan.

Geng Ortiz diduga telah melakukan 20 penculikan di antaranya pada tahun 2011 menculik suami dari bintang populer Meksiko Gloria Trevi, kata Domene. Penculikan dapat dihukum penjara sampai 50 tahun,kata pemerintah negara bagian itu.

Setelah Ortiz menghilang awal pekan ini, media Meksiko memperkirakan ia diculik.

Bintang sepak bola itu hanya membantu memilih para korban dan memberikan informasi kepada geg itu pemimpinnya masih buron bersama dengan beberapa orang lainnya, kata Nuevo Leon.

Antara tahun 2007 dan 2008 penculikan di Meksio meningkat hampir 200 persen dari 438 menjadi 1.284 orang, demikian data pemerintah.

Lebih dari 46.000 orang tewas dalam aksi krkerasan antar geng yang meletus sejak Calderon mulai menumpas kartel-kartel narkoba segera setelah memerintah lima tahun lalu.

Perang terhadap geng-geng adalah salah satu dari masalah-masalah utama yang jadi perdebatan dalam pemilihan presiden Meksiko Juli.

Jaksa agung Nuevo Leon, Adrian de la Garza mengatakan tidak ada indikasi para pemain sepak bola lainnya terlibat dalam penculikan-penculikan.

Dengan gelar "ElGato" (Kucing) Ortiz ikut bermain dalam satu pertandingan bagi tim nasional Meksiko pada tahun 2002.

Pada tahun 2010 Ortiz dilarang bermain setelah melakukan tes yang ternyata dia positif dopping. Larangan itu akan berakhir April.