FOKUS INTERNATIONAL KEMBALI HADIR UNTUK PARA PEMBACA SEKALIAN

jual beli liberty reserve, jual beli paypal

Sabtu, 07 Januari 2012

Pemerintah Setuju Suu Kyi Ikut Pilihan Raya

Yangoon - (Fokus/Inilah.com)Pemimpin oposisi Aung San Suu Kyi mengatakan, partai yang dipimpinnya Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), Kamis (5/1), telah disetujui oleh pemerintah untuk ikut berlomba dalam pilihan raya mendatang.
Menurut kantor berita Associated Press, sebenarnya Suu Kyi agak malu-malu mengakui dirinya siap bertarung untuk pilihan raya mendatang, namun juru bicara partai Nyan Win mengonfirmasikan kesediaan Suu Kyi ikut pilihan raya itu.
Pilihan raya yang akan digelar pada 1 April mendatang itu akan mengembalikan partai politik yang dipimpin Suu Kyi kembali masuk arus utama perpolitikan Myanmar, setelah selama dua dasawarsa disingkirkan regim militer.
Pada pilihan raya 1991, junta militer yang berkuasa menolak kemenangan NLD, sedangkan pada pilihan raya 2010 NLD memboikot karena pemerintah militer mencegah Suu Kyi berkiprah pada pilihan raya itu.
Pilihan raya mendatang akan memperlonggar hambatan-hambatan politik dan persoalan-persoalan lain. Pemerintah militer Myanmar kini menyadari perlunya transformasi politik di negaranya, sehingga bisa mencapai masyarakat yang demokratis dan terbuka seperti negara-negara yang masuk dalam lingkaran Asean.
Jangan lupa, Myanmar tahun ini akan mendapat giliran sebagai pemimpin Asean, menggantikan kepemimpinan Indonesia. Momen ini menjadi katalisator mempercepat reformasi politik dan ekonomi Myanmar.

0 komentar:

Posting Komentar