Washington (ANTARA News) - Presiden AS Barack Obama, Selasa (26/4), secara resmi memerintahkan penyaluran dana 25 juta dolar AS untuk pemberontak Libya yang memerangi Muamar Gaddafi.

Bantuan untuk Dewan Peralihan Nasional Libya (TNC) tersebut termaktub di dalam memo dari presiden kepada Menteri Pertahanan Robert Gates dan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton.

Beberapa pejabat pekan lalu mengatakan bantuan itu dapat meliputi kendaraan, truk bahan bakar, ambulans, peralatan medis, jaket pelindung, teropong dan radio.

Pemberian bantuan resmi tersebut disampaikan sehari setelah Menteri Pertahanan Inggris Liam Fox mengatakan di Washington pemberontak Libya "memperoleh momentum" di medan tempur dan rejim Gaddafi "terdesak".

Tentara Gaddafi dilaporkan didesak ke luar kota Misrata oleh pemberontak, tembakan roket masih terus menghujani kota ketiga di Libya itu, kata beberapa sumber pemberontak, Senin (25/4).

Seorang koresponden AFP mengonfirmasi roket dan peluru masih menghujani kota tersebut secara terbatas, tapi tidak ada petunjuk adanya bentrokan dengan tentara dan pemberontak.

Setelah hampir tiga jam pembicaraan di Pentagon dengan Gates, kemudian Fox memberi gambaran optimistis mengenai konflik Libya kendati kedua pihak masih khawatir bahwa perang tersebut dapat berubah jadi kebuntuan tanpa akhir.

Pada Ahad (24/4), Kuwait memberikan bantuan 180 juta dolar AS kepada pemberontak Libya, TNC, kata ketua TNC Mustafa Abdel Jalil.