Washington (ANTARA News/RIA Novosti-OANA) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama menominasikan Direktur CIA Leon Panetta sebagai menteri pertahanan mendatang untuk menggantikan Robert Gate, yang tahun lalu mengumumkan rencananya untuk pensiun sebelum dimulai pemilihan presiden baru.

"Saya yakin bahwa agenda reformasi Bob (Robert Gates) akan dilakukan oleh pejabat tinggi kita lainnya, Leon Panetta ... Patriotisme dan keterampilan manajemennya luar biasa yang telah menetapkan Leon selama empat dekade melakukan tugas, dan justru apa yang kita butuhkan sebagai Menteri Pertahanan kita berikutnya," kata Obama, mengumumkan nominasi pada Kamis.

Setelah disetujui oleh Senat, Panetta, 73 tahun, diharapkan untuk menggantikan Gates pada 1 Juli.

Ia dikenal di kalangan ahli sebagai pejabat yang memiliki kemampuan untuk menemukan kompromi yang menyakitkan setidaknya pada pemotongan anggaran.

Nominasi Panetta adalah bagian dari perombakan di jajaran keamanan nasional yang juga akan menempatkan Jenderal David Petraeus, komandan pasukan AS saat ini, dan Pasukan Bantuan Keamanan Internasional di Afghanistan, di kursi direktur CIA.

Petraeus akan mengundurkan diri dari militer dan mengambil alih jabata CIA pada awal September.