FOKUS INTERNATIONAL KEMBALI HADIR UNTUK PARA PEMBACA SEKALIAN

jual beli liberty reserve, jual beli paypal

Selasa, 05 Juli 2011

Nainggolan Ramaikan Bursa Transfer Eropa

Radja Nainggolan (kiri) & saudara kembarnya, Riana 
VIVAnews - Nama Radja Nainggolan ikut melejit saat bursa transfer pemain kembali dibuka musim panas ini. Pemain Belgia berdarah Batak ini kembali menjadi buah bibir setelah banyak klub elit Eropa yang mengincarnya.

Sebenarnya nama Radja Nainggolan sudah tak asing lagi di Italia. Pasalnya ia telah memperkuat tim senior klub Serie B Piacenza sejak 2007. Gelandang kelahiran 4 Mei 1988 ini semakin dikenal setelah memperkuat Cagliari sejak Januari 2010 lalu meski awalnya hanya berstatus pinjaman.

Walau punya nama Batak, Nainggolan saat ini tercatat sebagai warga negara Belgia, tempat kelahirannya. Radja Nainggolan lahir di Antwerp, Belgia dari pasangan Marianus Nainggolan yang asli Batak dan ibu Lizi Bogaerd dari Belgia.

Pemain yang mengawali karir profesionalnya di klub Belgia, Germinal Beerschot ini punya saudara perempuan kembar yang bernama Riana Nainggolan yang kebetulan juga memilih sepakbola sebagai karirnya.

Sejak usia 6 tahun, pemain dengan tinggi 177 cm ini memang harus berpisah dengan sang ayah. Marianus memilih kembali ke Denpasar, Bali untuk meneruskan usahanya. Sejak itu, Radja dan Riana diasuh oleh ibunya. Sang ibu pula yang mendorong Radja Nainggolan terjun ke sepakbola.

Kerja keras Radja Nainggolan membuahkan hasil. Ia sempat tercatat sebagai punggawa timnas senior Belgia. Nainggolan baru satu kali memperkuat timnas Belgia saat bertemu Chile di Piala Kirin pada 29 Mei 2009 lalu.

Jadi Rebutan Klub-klub Elit Eropa

AS Roma dan Fiorentina menjadi dua klub pertama yang mencium bakat Nainggolan di Cagliari. Gelandang yang mencetak gol perdana di Serie A ke gawang Bologna pada 31 Oktober 2010 ini telah tampil di 15 laga Cagliari musim lalu dengan torehan dua gol.

Penampilan sentral Nainggolan di lini tengah Cagliari juga membuat beberapa klub elit Eropa kini berlomba-lomba mendapatkan tanda tanganya. AC Milan yang April lalu berniat memboyongnya. Bahkan wakil presiden Milan Adriano Galliani yang memimpin langsung negosiasi. Namun pembicaraan kedua kubu terhenti tanpa sebab yang jelas.

Setelah AC Milan, kini Manchester City menjadi klub terbaru yang mengaku tertarik dengan Radja Nainggolan. Bahkan manajer ManCity Roberto Mancini mengakui telah tertarik dengan Nainggolan sejak ia membesut Inter Milan. "Saya suka Radja Nainggolan di Cagliari," ujar Mancini dilansir sportal.co.nz.

Biodata Radja Nainggolan

Nama lengkap: Radja Nainggolan
Tempat, tanggal lahir: Atwerp (Belgia), 4 Mei 1988
Tinggi/berat: 177 cm/65 kg
Posisi: Gelandang
No punggung: 4 (Cagliari)

Karir profesional di klub dan timnas

Piacenza (2007–2010):69 laga dengan 4 gol
Cagliari (2010–…...): 15 laga dengan 2 gol
Timnas Belgia U-21 (2008-2010): 4 kali tampil dengan 1 gol
Timnas senior Belgia (2009-...): 1 kali tampil.

Editor by Fatryani Auly

0 komentar:

Posting Komentar