FOKUS INTERNATIONAL KEMBALI HADIR UNTUK PARA PEMBACA SEKALIAN

jual beli liberty reserve, jual beli paypal

Kamis, 23 Juni 2011

TKW Sri Lanka Diperbudak 13 Tahun di Saudi

Indrani Mallika Hettiarachchi
VIVAnews - Seorang pembantu rumah tangga asal Sri Lanka diperbudak dengan dipaksa bekerja tanpa dibayar selama 13 tahun di rumah majikannya di provinsi Javan, Arab Saudi. Beruntung, pejabat kota setempat berhasil mengetahui hal tersebut dan membebaskannya.

Dilansir dari laman 
The Guardian, yang mengutipArab News, Rabu, 22 Juni 2011, TKW asal Sri Lanka, Weerawardena Hettiarachchi lage Indrani Mallika Hettiarachchi, tidak diperbolehkan keluar rumah oleh majikannya dan sama sekali tidak digaji sejak dia bekerja pada tahun 1997.

Nasib wanita 45 tahun ini berhasil diketahui oleh tetangga tersangka dan langsung melaporkannya ke kantor Gubernur Provinsi Javan. Atas perintah Gubernur Javan, Muhammad bin Nasser, Weerawardena akhirnya diselamatkan dari rumah tersebut.

Weerawardena kemudian dititipkan kepada badan perlindungan sosial di Jazan. Dia akan tinggal disini sampai al-Suwaid membayar upahnya selama 13 tahun yang tertunda.

Majikannya yang saat ini ditahan polisi mengaku tidak mampu membayar upah Weerawardena selama 13  tahun sebesar 60.000 riyal atau sekitar Rp137 juta. Jumlah ini terhitung kecil untuk pengabdian setiap hari selama 13 tahun lamanya.

Berdasarkan kesepakatan dengan konsulat jenderal Sri Lanka di Jeddah, majikannya menyanggupi membayar sebagian dari gaji, sementara sisanya akan ditalangi oleh anggaran pemerintah.

Weerawardena rencananya akan segera dipulangkan ke negaranya paling lama dalam waktu dua bulan. Dia mengaku tidak sabar bertemu dengan suami dan kedua anaknya. Dihubungi melalui telepon, suaminya mengaku kaget istrinya masih hidup. Tidak ada kabar berita, istrinya tersebut disangka telah meninggal. "Saya sangat senang mengetahui dia masih hidup dan akan dipulangkan secepatnya," ujar suaminya, Sunil Premathilake.



Editor by Fatryani Auly

0 komentar:

Posting Komentar