FOKUS INTERNATIONAL KEMBALI HADIR UNTUK PARA PEMBACA SEKALIAN

jual beli liberty reserve, jual beli paypal

Jumat, 01 Juli 2011

Bieber dan BlackBerry Pererat RI-Kanada

Mackenzie Clugston
VIVAnews - Duta Besar Kanada untuk Indonesia, Mackenzie Clugston, mengaku puas menyaksikan meningkatnya hubungan dagang dan ekonomi antara negaranya dengan Indonesia. Dia melihat bahwa meningkatnya hubungan bilateral belakangan ini dipererat dua faktor, BlackBerry dan Justin Bieber.

"Indonesia merupakan mitra dagang terbesar kami di Asia Tenggara. Hubungan perdagangan dua arah dan investasi terus berkembang. Kanada terus memasok dua item yang kini menjadi kebutuhan harian yang penting bagi orang Indonesia, yaitu tepung untuk mie dan BlackBerry," kata Clugston, merujuk nama produk telepon pintar asal Kanada yang tengah digandrungi konsumen teknologi komunikasi di tanah air.

Clugston memberikan pernyataan itu dalam rangka memperingati Hari Nasional Kanada yang ke-144, yang jatuh pada 1 Juli 2011. Perayaan berlangsung di suatu hotel di Jakarta pada Kamis malam.

Clugston menyatakan bahwa dua produk itu turut menyumbang hubungan dagang Indonesia-Kanada yang semakin meningkat. "Volume perdagangan kedua negara hingga saat ini sebesar kurang lebih US$2,2 miliar. Indonesia mengalami surplus dimana Kanada mendapat pemasukan sekitar US$1 miliar, sedangkan Indonesia US$1,2 miliar," kata Clugston.

Duta besar yang telah tiga tahun bertugas di Jakarta itu juga mengungkapkan bahwa sejumlah perusahaan Kanada, baik di bidang industri, keuangan, dan jasa telah mantap berbisnis di negeri ini. "Indonesia mewakili pasar yang tumbuh berkembang bagi barang, jasa, dan investasi Kanada. Banyak perusahaan kami telah hadir di Indonesia dan mempekerjakan puluhan ribu warga Indonesia," kata Clugston.

Kedua negara pun menjalin kemitraan di sektor-sektor lain, diantaranya anti terorisme, tata kelola pemerintahan, HAM, pluralisme, dan pengentasan kemiskinan. "Tahun lalu, kami memulai proyek-proyek baru yang terfokus pada sejumlah bidang, seperti membantu warga Indonesia di Sulawesi dalam melestarikan hutan bakau dan memperbaiki taraf hidup kaum tani setempat," kata Clugston.

Dia juga mengingatkan bahwa hubungan kedua negara baru-baru ini dipererat oleh kunjungan dua pejabat tinggi dari Kanada ke Indonesia. Mereka adalah Menteri Keuangan Jim Flaherty dan Menteri Pertanian Gerry Ritz. Bersama pejabat Indonesia, mereka membicarakan peningkatan kerjasama bilateral di bidang jasa keuangan dan industri pertanian.

"Namun, ada satu kunjungan lain yang pesonanya mengalahkan dua menteri itu. Siapa lagi kalau bukan Justin Bieber," lanjut Clugston disambut tawa para hadirin dengan merujuk nama bintang pop remaja yang baru-baru kini berkonser di Sentul.

Editor by Fatryani Auly

0 komentar:

Posting Komentar