FOKUS INTERNATIONAL KEMBALI HADIR UNTUK PARA PEMBACA SEKALIAN

jual beli liberty reserve, jual beli paypal

Rabu, 06 Juli 2011

Ulang Tahun Dalai Lama ke-14

Dalai Lama 
VIVAnews - Pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama ke-14, hari ini merayakan hari jadi ke-76 tahun. Ribuan pengikut dan pengagumnya selalu merayakan peringatan ulang tahun di tempat tinggal Dalai Lama sejak dia mengasingkan diri dari Tibet, yaitu di McCleod Ganj, India.

Nama sebenarnya Dalai Lama adalah Tenzin Gyatso. Dia memiliki nama lengkap Jetsun Jamphel Ngawang Lobsang Yeshe Tenzin Gyatso.

Dalai Lama merupakan gelar bagi tokoh suci umat Budha di Tibet. Gyatso dikenal sebagai Dalai Lama ke-14.

Menurut stasiun berita BBC, popularitas Dalai Lama jadi men-dunia lantaran dia menolak pendudukan komunis China di Tibet. Pada 31 Maret 1959, Dalai Lama terpaksa mengungsi ke India untuk menghindari penangkapan tentara China. Selama 15 hari, Dalai Lama dan rombongan berjalan dari Kota Lhasa menyusuri kaki pegunungan Himalaya.

China menyebut konflik di Tibet adalah pemberontakan yang berhasil ditumpas. Pemerintahan Dalai Lama pun dinyatakan terlarang dan China menunjuk pemimpin spiritual baru Tibet, Panchen Lama. Menurut China, Tibet merupakan bagian dari wilayahnya dan berstatus otonomi khusus.

Namun, hingga kini, Dalai Lama dan para pengikutnya membentuk pemerintahan Tibet di pengasingan dan terus memperjuangkan kemerdekaan Tibet.

Kondisi kesehatan peraih Nobel Perdamaian 1989 ini masih terbilang baik dan tidak ada tanda-tanda menurun meski sudah uzur. Salah seorang pengatur acara peringatan hari ulang tahun Dalai Lama mengatakan tokoh agama Budha tersebut biasanya menyalami satu persatu para pengikut yang bertandang ke rumahnya.

Menurut Etymonline.com, pada 14 Maret lalu Dalai Lama memutuskan pensiun sebagai pemimpin Pemerintahan Tibet di pengasingan. Dia pun mengisyaratkan bahwa bukan tidak mungkin jabatan Dalai Lama akan dihapus di masa datang dan pemimpin Tibet berikutnya bisa saja dipilih di luar Tibet dan tidak tertutup kemungkinan perempuan bisa menjadi penggantinya.

Editor by Fatryani Auly

0 komentar:

Posting Komentar