Kabul (ANTARA News) - Direktorat Keamanan Nasional Afghanistan (NDS) atau badan intelijen telah menangkap lebih dari selusin tersangka teroris dan loyalis Taliban selama sepekan terakhir, kata juru bicara badan itu Selasa.

"Kami telah menangkap 17 teroris melalui operasi-operasi berbeda dari seluruh negeri selama satu minggu terakhir," kata Lutfullah Mashal kepada para wartawan dalam konferensi pers di Kabul.

Orang-orang yang ditangkap terlibat dalam mengorganisir serangan bunuh diri, bom pinggir jalan dan menargetkan para pejabat dan penerjemah pemerintah, kata pejabat itu menambahkan.

"Dengan menangkap para teroris beberapa serangan teroris dan konspirasi telah digagalkan," kata juru bicara NDS lebih lanjut.

Berbagai alat peledak, senjata dan amunisi juga telah disita dari orang-orang yang ditangkap itu, katanya menegaskan.

"Semua mereka yang ditahan telah mengaku keterlibatan mereka dalam kegiatan teroris dan afiliasi dengan kelompok Taliban," kata Mashal.

Gerilyawan Taliban melawan pasukan Afghanistan dan pasukan asing yang dipimpin NATO di Afghanistan telah meningkatkan kegiatan mereka sejak meluncurkan serangan musim semi mulai 1 Mei tahun ini.