FOKUS INTERNATIONAL KEMBALI HADIR UNTUK PARA PEMBACA SEKALIAN

jual beli liberty reserve, jual beli paypal

Minggu, 12 Juni 2011

Abu Gunung Chile Terbang ke Australia

Orang-orang melintasi jalan di Villa La Angostura, Argentina selatan, Selasa (7/6). Daerah itu diselimuti abu vulkanik dari letusan Gunung Berapi Caulle Puyehue-Cordon, Cile. Gunung yang sempat mati selama 50 tahun itu meletus pada Sabtu lalu. Angin membawa abu vulkanik melintasi Pegunungan Andes ke Argentina dan mengakibatkan penutupan enam bandara. Kota turis ini pun ditutupi abu.

SYDNEY, KOMPAS.com – Abu dari letusan gunung berapi Chile menyebabkan pembatalan beberapa penerbangan maskapai Australia Qantas dibatalkan termasuk tujuan ke  dan dari Selandia Baru pada Minggu (12/6/2011). Abu vulkanik yang berasal dari Gunung Puyehue itu telah terbang Pasifik. Angin kencang telah membawa abu itu sekitar 9.400 kilometer (5.800 mil) melintasi Pasifik ke Selandia Baru sejak gunung berapi Chile, Puyehue, meletus lebih dari seminggu lalu.

Qantas membatalkan semua penerbangan ke dan dari pulau Tasmania dan dari Sydney serta Melbourne ke Christchurch, Queenstown dan Wellington di Selandia Baru, kata seorang juru bicara maskapai itu. "Pada tahap ini hanya untuk hari ini," katanya kepada AFP, dan  menambahkan bahwa sejauh ini sekitar 1.500 penumpang telah terkena dampak.     

"Kami memantau situasi dan bekerja sama dengan pemerintah," katanya. Maskapai ini diharapkan untuk mengeluarkan pembaaruan data pada Minggu. Jetstar Australia juga membatalkan lebih dari 20 penerbangan untuk tujuan Tasmania dan Selandia Baru hingga Minggu, tetapi Virgin Australia dan Air New Zealand  terbang seperti biasa sambil memantau perkembangan.

Air New Zealand mengatakan, pihaknya akan menyesuaikan rute penerbangan dan ketinggian untuk menghindari bulu-bulu abu yang telah diperingatkan oleh Otoritas Penerbangan Sipil Selandia Baru akan berada pada ketinggian 20.000-30.000 kaki, ketinggian jelajah untuk pesawat jet dan turboprop.

Pihak berwenang mengatakan, wilayah udara Selandia Baru mungkin terpengaruh untuk setidaknya sepekan, mengingat gunung berapi itu masih meletus. Letusan-letusan gunung berapi itu juga telah mendorong beberapa pembatalan penerbangan di seluruh Amerika Selatan.

Editor by Fatryani Auly

0 komentar:

Posting Komentar