Islamabad (ANTARA News) - Perdana Menteri Pakistan Selasa memerintahkan sebuah komisi independen untuk menyelidiki operasi di Abbotttabad, tempat pasukan elit Amerika Serikat membunuh Osama bin Laden pada 2 Mei lalu, demikian menurut kantor media perdana menteri itu.

"Perdana Menteri Yousuf Raza Gilani telah mengangkat sebuah komisi untuk menyelidiki insiden Abbottabad," kata pernyataan kantor itu, merujuk ke kota garnisun di utara Islamabad, tempat pemimpin Al Qaida tersebut bersembuyi.

Komisi dengan lima anggota itu akan dipimpin oleh Hakim Javed Iqbal, seorang hakim senior Mahkamah Agung Pakistan, kata pernyataan kantor PM tersebut.

Parlemen Pakistan awal bulan ini telah mendesak pemerintah untuk menunjuk kelompok independen guna menyelidiki serangan yang menewaskan bin Laden, yang dimaksudkan untuk menjamin bahwa insiden seperti itu tidak akan terulang.

Beberapa anggota parlemen juga telah mengancam untuk menarik kerja sama logistik untuk tentara AS yang bermarkas di Afghanistan dan mengecam serangan pesawat mata-mata yang dioperasikan CIA segera setelah serangan yang didukung helikopter oleh pasukan khusus Navy SEALS yang menyebabkan kematian bin Laden.