FOKUS INTERNATIONAL KEMBALI HADIR UNTUK PARA PEMBACA SEKALIAN

jual beli liberty reserve, jual beli paypal

Kamis, 07 Juli 2011

Gosip Kematian Jiang Zemin Disensor

Mantan presiden China Jiang Zemin
BEIJING, KOMPAS.com – Dalam beberapa bulan terakhir, media online China ramai dengan rumor yang menyebut mantan presiden Jiang Zemin meninggal atau sekarat. Namun badan sensor internet China langsung menghapusnya gosip itu dari dunia maya.

Pencarian berita itu dengan kata kunci "Jiang Zemin" atau "Jiang" dalam bahasa China di Sina Corp, layanan microblogging populer negara itu, yang muncul adalah peringatan bahwa pencarian itu ilegal. Sebagai penggantinya, muncul kata "sungai", arti kata "jiang".

Sensor itu juga berusaha menghapus artikel, dari blog dalam negeri maupun media asing, yang menyebut bahwa Jiang Zemin kini menunggu ajal.

Kondisi kesehatan Jiang menjadi gosip panas di China setelah mantan presiden berusia 84 tahun itu tidak menghadiri perayaan hari jadi ke-90 Partai Komunis beberapa waktu lalu. Padahal acara itu dihadiri semua pemimpin saat ini dan para mantan pemimpin, di antaranya berusia 94 tahun.

Pemerintah China, melalui Kantor Dewan Informasi Negara, menolak menjawab pertanyaan tentang Jiang, yang memimpin China selama 12 tahun sebelum digantikan oleh Presiden Hu Jintao pada 2002.

Media pemerintah sendiri sama sekali tidak menurunkan berita tentang Jiang. Sementara media Hong Kong dan media China yang terbit di luar negeri melaporkan, mantan sekretaris jenderal Partai Komunis itu terkena serangan jantung dan hidupnya ditopang respirator.

Meskipun demikian, ada juga media yang mengabarkan kondisi kesehatan Jiang tidak mengkhawatirkan.

Jiang terakhir kali tampil di hadapan publik pada Oktober 2009. Ketika itu dia berdiri di sampiing Presiden Hu Jintao pada peringatan hari ulang tahun ke-60 Republik Rakyat China.

Editor by Fatryani Auly

0 komentar:

Posting Komentar