Washington (ANTARA News) - Pengiriman pertama bantuan Amerika Serikat ke pemberontak Libya yang memerangi pemerintah Muamer Gaddafi telah tiba di kota Benghazi di Libya timur yang dikuasai pemberontak, demikian kata pejabat Washington.

Juru bicara departemen luar negeri Mark Toner mengatakan bantuan itu, yang tiba Selasa, "terdiri atas lebih dari 10.000 makanan halal siap untuk dimakan, yang disebut MRE", dari persediaan Departemen Pertahanan AS.

Pengiriman itu adalah yang pertama berdasar keputusan AS untuk memberikan bantuan tidak mematikan (bukan senjata) "guna melindungi warga sipil dan tempat-tempat berpenduduk sipil yang mendapat ancaman serangan", kata Mark Toner.

"Barang lainnya sedang dalam perjalanan dan mencakup pasokan medis, pakaian seragam, sepatu boot, tenda dan alat perlindungan personel", juga dari cadangan AS, Toner menambahkan.

"Kami akan terus bekerja dengan TNC (Dewan Transisi Nasional pemberontak Libya) untuk menentukan apa keperluan bantuan tambahan yang kami mungkin dapat bantu dalam beberapa pekan mendatang."

Bantuan itu berdasarkan perintah Presiden Barack Obama pada 16 April bagi bantuan mendesak tidak mematikan AS senilai 25 juta dolar pada pemberontak Libya.

Beberapa pejabat mengatajab pada waktu itu bahwa bantuan tersebut dapat mencakup kendaraan, truk bahan bakar, mobil ambulans, peralatan medis, rompi perlindungan, alat teropong dan radio.