Los Angeles (ANTARA News/Xinhua-OANA) - FBI telah menahan seorang pria di Los Angeles dengan tuduhan memberikan bantuan keuangan dan materi lain kepada Taliban Pakistan, kata pihak berwenang AS.

Irfan Khan, 37 tahun, di antara tiga orang yang ditahan untuk dakwaan yang sama. Khan adalah penduduk Miami, Florida, namun belum jelas benar mengapa dia berada di Los Angeles.

Total, jaksa mendakwa enam orang, yaitu Khan, dua lainnya ditangkap di Florida dan tiga masih buron di Pakistan, lapor Los Angeles Times.

Hafiz Khan, 76 tahun, yang diduga sebagai pemimpin kelompok itu adalah imam sebuah masjid di Miami.

Penangkapan tersebut adalah bagian dari investigasi federal terhadap sebuah keluarga ekspatriat Pakistan di Florida yang diduga menyalurkan uang langsung kepada ekstremis keagamaan, kata FBI.

Uang itu mendanai "jihad" untuk menggulingkan pemerintah Pakistan dan melawan Amerika Serikat, kata FBI.

"Semua enam terdakwa dituduh bersekongkol menyediakan dan memberikan dukungan material kepada konspirasi untuk membunuh, melukai dan menculik orang-orang asing serta bersekongkol memberikan dukungan material untuk organisasi teroris asing, khususnya, Taliban Pakistan.

"Tergugat Khan, Rehman dan Zeb juga didakwa menyediakan dukungan material kepada Taliban Pakistan," kata Departemen Kehakiman AS dalam sebuah pernyataan.

Khan akan dihadapkan di pengadilan federal di Los Angeles Senin ini dan bisa menghadapi tuntutan 15 tahun penjara untuk setiap dakwaan, jika terbukti bersalah.