Washington (ANTARA News) - Dana Moneter Internasional pada Selasa mengatakan bahwa Strauss-Kahn, yang dipenjara di New York karena tuduhan kekerasan seksual, tidak memiliki kekebalan sebagai direktur pengelola lembaga global.

"Kekebalan MD (Dominique) adalah terbatas dan tidak berlaku untuk kasus ini," Juru bicara IMF William Murray mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Strauss-Kahn ditangkap di bandara JFK New York pada Sabtu, setelah pelayan kamar hotel Sofitel mengatakan ia diserang dan mencoba memperkosa dirinya.

Pada Senin hakim merinci tujuh tuduhan terhadap Strauss-Kahn dan memerintahkan dia ditahan di penjara tanpa jaminan sampai dewan juri memutuskan apakah ada bukti yang cukup untuk mengadili dia di pengadilan.

Sebagai kepala dari IMF yang berbasis di Washington, mantan menteri keuangan Prancis ini menikmati perlakuan istimewa, tetapi tidak memiliki kekebalan penuh yang dinikmati diplomat, termasuk  ketika mereka tidak berada pada bisnis resmi.

Akte pendirian IMF memberi kekebalan karyawannya dari proses hukum di wilayah anggota "sehubungan dengan tindakan yang dilakukan oleh mereka dalam kapasitas resmi mereka. "

Pada Senin IMF menyatakan bahwa Strauss-Kahn sedang dalam urusan pribadi selama tinggal di New York.