FOKUS INTERNATIONAL KEMBALI HADIR UNTUK PARA PEMBACA SEKALIAN

jual beli liberty reserve, jual beli paypal

Senin, 26 Maret 2012

Ahmadinejad bertemu pemimpin Pakistan

Dushanbe (Fokus/ANTARA News) - Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad dan timpalannya dari Pakistan Asif Ali Zardari tiba di Tajikistan, Sabtu, untuk pembicaraan keamanan regional dengan pemimpin Afghanistan Hamid Karzai.

Ketiganya duduk bersama dengan tuan rumah mereka, Presiden Tajikistan Emomali pada Minggu, sementara seorang pejabat tinggi AS juga akan bertemu dengan para diplomat dari Pakistan dan Afghanistan untuk membahas hasil kunjungan Karzai pada Februari ke Islamabad.

Baik Ahmadinejad maupun Zardari berbicara kepada wartawan saat mereka menuju ke tempat pertemuan terpisah dengan Presiden Tajik.

Bekas ibu kota Republik Soviet telah menjadi tempat untuk pembahasan tingkat tinggi mengenai berbagai isu mulai dari dampak dari perang di Afghanistan sampai munculnya militansi Islam dan perdagangan narkoba.

Peristiwa akhir pekan itu secara resmi dipentaskan di perayaan Tahun Baru Iran Nowruz.

Namun kedutaan AS di Dushanbe mengatakan orang penting Washington di Afghanistan dan Pakistan akan menggunakan kesempatan itu untuk bertemu Minggu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Afghanistan Jawed Ludin dan Menteri Luar Negeri Pakistan Jalil Abbas Jilani.

Perwakilan AS Marc Grossman akan membahas upaya "untuk mempromosikan proses perdamaian yang kredibel dipimpin Afghanistan dan untuk rekonsiliasi dan perdamaian yang tahan lama di Afghanistan", kata kedutaan AS dalam sebuah pernyataan.

Setelah kembali dari Islamabad bulan lalu, Karzai mengundang kepemimpinan Taliban untuk pembicaraan langsung dengan pemerintah sementara mendesak Pakistan untuk membantu merundingkan upaya mengakhiri perang 10 tahun.

Milisi Taliban memutuskan kontak dengan Amerika Serikat pekan lalu karena perselisihan mengenai pertukaran tawanan.

Menlu AS Hillary Clinton mengatakan Rabu bahwa Washington masih membuka pintu untuk pembicaraan dengan Taliban dan tetap berkomitmen untuk mencari solusi politik yang memungkinkan pasukan NATO meninggalkan negara itu pada akhir 2014.

Pejabat Tajik mengatakan, pertemuan dengan Ahmadinejad terfokus pada investasi Iran di republik berpegunungan yang miskin dan prospek jalan baru selain jaringan kereta.

Ahmadinejad juga dijadwalkan menghadiri konferensi pemulihan ekonomi Afghanistan di Dushanbe, Senin.


Editor : Jendri Frans Mamahit

0 komentar:

Posting Komentar