FOKUS INTERNATIONAL KEMBALI HADIR UNTUK PARA PEMBACA SEKALIAN

jual beli liberty reserve, jual beli paypal

Senin, 19 Maret 2012

Joachim Gauck Terpilih Jadi Presiden Jerman

Berlin - (Fokus/Kompas.com) Mantan aktivis prodemokrasi Jerman Timur Joachim Gauck terpilih sebagai presiden Jerman setelah mayoritas anggota parlemen memilihnya, Minggu (18/3/2012).

Lelaki 72 tahun itu mendapat dukungan dari partai-partai besar dan mendapat 991 dari 1.232 suara yang masuk, ungkap ketua parlemen Jerman Norbert Lammert.

Gauck merupakan mantan pendeta yang menentang rezim komunis Jerman Timur dan menjadi kepala badan federal yang mengawasi data intelijen Jerman Timur pasca-reunifikasi Jerman pada 1990.

Gauck tampak terharu ketika dia menerima hasil pemungutan suara yang menjadikannya kepala negara baru. Presiden Jerman merupakan jabatan seremonial, namun dianggap memegang peran moral yang sangat penting.

"Saya menerima tugas ini. Setelah melalui perjalanan politik yang berliku-liku pada abad 20, saya menerimanya dengan penuh rasa syukur sebagai seseorang yang akhirnya dan tidak diduga menemukan kembali rumahnya serta bisa berpartisipasi di masyarakat demokratis dalam 20 tahun terakhir," kata Gauck saat memberi sambutan di hadapan anggota parlemen.

"Pastinya saya tidak akan mampu memenuhi semua harapan," ujarnya. "Tetapi satu hal yang bisa saya janjikan: Saya akan mengiyakan dengan semua kemampuan dan hati untuk menjalankan tanggung jawab yang Anda percayakan pada saya."

Gauck tidak memiliki afiliasi politik sama sekali namun berhasil mendapat dukungan dari partai-partai utama di negara itu setelah pendahulunya, Christian Wulff, mengundurkan diri akibat skandal korupsi bulan lalu.

Ketika Gauck dinominasikan, Kanselir Jerman Angela Merkel menggambarkan Gauck sebagai "guru demokrasi yang sejati". Gauck menjadi oposisi dari kandidat dukungan Merkel, Wulff, dua tahun lalu. Partner junior dalam koalisi Merkel mendesaknya untuk menerima pencalonan Gauck dalam upaya kedua ini.

Minggu kemarin, Merkel mengatakan Jerman boleh bangga pada presiden baru mereka, yang terpilih dengan "hasil yang sangat meyakinkan."

Merkel, yang juga berasal dari Jerman Timur, menambahkan, terpilihnya Gauck menunjukkan kesuksesan reunifikasi Jerman. "Kita juga bisa sedikit bangga karenanya," kata Merkel seraya menambahkan kemajuan harus tetap dilakukan untuk memastikan wilayah bekas Jerman Timur berhasil menyusul kemakmuran yang sudah dicapai Barat.

Editor : Jendri Frans Mamahit

1 komentar:

AhliTransferjanin mengatakan...

Assalamualaikum wr,wb…
Saya TKI DI BRUNEI.
Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka goib AKI DARMO telah saya buktikan juga kemarin saya dapat,awalnya saya ragu tapi saya mencoba menhubungin lagi dan meminta angka juga dan aki bisah membantu dalam 5 kali putarang tembus dan aki bisah menjual tuyul anda berminat silah kan hubunggi aki darmo di nomor 082-310-142-255- dan angka 22D 3D 4D 5D 6D-

Posting Komentar