Bangkok (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Kandidat perdana menteri Partai Pheu Thai yang beroposisi, Yingluck Shinawatra, yang juga adik Thaksin yang mantan PM negeri itu, mengatakan akan memulai kampanye pemilihan umum (pemilu) untuk partainya secepat mungkin setelah mendaftarkan diri sebagai calon anggota parlemen bagi partainya.

Yingluck, adik perempuan termuda Thaksin Shinawatra, terpilih secara suara bulat oleh partainya sebagai calon PM berikut pada Senin lalu. Pemilihan umum akan dilaksanakan pada 3 Juli 2011.

Komisi Pemilihan Umum Thailand mengadakan kegiatan bagi para pemimpin partai politik untuk memutuskan nomer urut dalam pemilu nanti, sekaligus mengajukan daftar nama calon partai yang akan dipilih, di Stadium Pemuda Thai-Jepang pada Kamis pagi.

Partai dari Perdana Menteri Thailand Abhisit Vejjajiva yang berkuasa, Partai Demokrat, mendapat nomer urut 10 di kertas pemilu, sementara Partai Pheu Thai mendapat posisi nomer 1, mendulang sorak gembira dari pendukung yang berkumpul di stadium tersebut.

Yingluck mengatakan ia akan memulai kampanye politiknya dengan mengunjungi warga setempat setelah pendaftaran resmi dengan Komisi Pemilu pada Kamis pagi. Ia mengumumkan akan mengunjungi Chiang Mai dan Chiang Rai, provinsi utara Thailand, pada akhir pekan ini.