Amman (ANTARA News) - Sekutu setia Amerika Serikat, Jordania, Senin mengatakan negara itu mengharapkan kematian Osama bin Laden akan mengakhiri era "teror" oleh kelompok-kelompok radikal di kawasan itu, yang telah merusak dukungan dunia bagi masalah Palestina.

Satu sumber Jordania mengatakan kepada kantor berita negara itu Petra, Amman sekarang melihat ke arah "periode bahwa terorisme telah menyimpangkan kejujuran persoalan Palestina akan berakhir". Sumber resmi itu menyatakan sekarang sangat penting untuk mengakhiri konflik yang sudah berusia beberapa dasawarsa, yang telah digunakan oleh Al Qaida untuk membenarkan "teror"nya.

Jordania, sekutu penting AS di Timur Tengah dan mitra perdamaian Israel, telah memburu Al Qaida dengan agresif selama bertahun-tahun. Negara itu bekerja sama dengan AS dan badan intelijen lain.

Sumber itu mengatakan kematian Osama bin Laden dapat membantu mengurangi fobia terhadap Islam di Barat dan mendorong rekonsiliasi Muslim-Kristiani.

Kerajaan Muslim moderat itu sering diserang oleh Al Qaida dan kelompok lain Islam garis keras. Jordnia secara tetap menangkap orang yang diduga sebagai pengikut aliran Islam garis keras dan mengadili mereka, demikian Reuters melaporkan.