Istanbul (ANTARA News) - Perserikatan Bangsa-Bangsa akan menyiapkan mekanisme untuk memantau janji pengiriman bantuan oleh negara-negara donor kepada negara-negara termiskin dunia, kata Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon seperti dikutip AFP di Istanbul, Senin.

"Kami telah menerima banyak janji sangat murah hati di masa lalu, tetapi tidak semua dari mereka telah diserahkan dan akuntabilitas akan sangat penting," katanya dalam konferensi pers di sebuah konferensi internasional tentang bantuan ke negara-negara terbelakang (LDC).

"Harus ada bantuan yang dapat diperkirakandari negara-negara donor sehingga negara-negara penerima akan dapat memiliki pemrograman yang lebih baik dari kebijakan ekonomi mereka," tambahnya.

Negara LDC adalah  mereka yang memiliki pendapatan per kapita kurang dari 745 dolar AS, ada 33 negara dari Afrika, 14 dari Asia, ditambah Haiti.

Mengutip keberhasilan pemantauan program PBB mengenai kesehatan perempuan dan anak-anak, Ban berjanji bahwa semua usaha akan dilakukan untuk memastikan bahwa "komitmen yang telah dibuat untuk LDC akan dipantau dan dikirimkan."