Jakarta (ANTARA News) - Kurang dari seminggu setelah Presiden Barack Obama mengumumkan bahwa pasukan AS telah membunuh pemimpin Al-Qaeda, berita mengenai bin Laden menyebar dalam 84 juta kutipan di media cetak dan elektronik, serta di Internet terutama situs jejaring sosial.

Survei oleh Global Language Monitor menunjukkan bahwa kematian bin Laden telah menjadi berita terbesar ketiga dunia di abad 21 ini menggungguli berita pernikahan kerajaan Inggris.

Sementara pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton pada 29 April lalu berada pada peringkat lima dengan 63 juta kutipan di seluruh dunia, menguntit di belakangnya berita seputar kematian tiba-tiba Michael Jackson pada 2009 dengan 56 juta kutipan.

Tetapi berita terbesar di seluruh dunia sejak Januari 2000 tetap mengenai "Kebangkitan China" dalam hal ekonomi dan kekuatan politik, kata Global Language Monitor seperti dilaporkan Reuters.

Global Language Monitor yang berbasis di Texas menggunakan sebuah alogaritma untuk melacak kutipan dari berita terbesar di 750.000 media cetak dan elektronik papan atas, juga di Internet, termasuk kutipan di blogosphere, Twitter, Facebook, dan media sosial lainnya.

Berikut 10 berita terpopuler abad 21 menurut Global Language Monitor:

1. The rise of China (Kebangkitan China)
2. Election of Barack Obama (Terpilihnya Obama sebagai presiden AS)
3. Death of Osama bin Laden (Kematian Osama bin Laden)
4. Wikileaks (pemberitaan mengenai kawat diplomatik Wikileaks)
5. British royal wedding (Pernikahan kerajaan Inggris)
6. Death of Michael Jackson (Kematian Michael Jackson)
7. Sept 11, 2001 attack on the United States. (Serangan terosis 11 September di AS)
8. Japanese quake/tsunami/nuclear crisis. (gempa/tsunami/krisis nuklir Jepang)
9. Arab Spring uprisings (Pemberontakan Arab)
10. Global economic meltdown. (Krisis ekonomi global)